It's me

It's me
It's all about me

Kamis, 28 Oktober 2010

Tugas Organisasi & Manajemen 1

  1. Sebutkan 6 (sumber-sumber) manajemen (The Six M's in Management)!
  2. Mengapa Market dan Method tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen?
  3. Apa yang dimaksud dengan efisien dan efektif?
  4. Sebutkan kegiatan yang termasuk dalam scope O & M!
1.       The Six M’s Management, atau 6 sumber manajemen terdiri dari elemen-elemen sebagai berikut.

a.       Man / Manusia. Manusia dalam manajemen disebut sebagai sumber daya. Walaupun di dunia yang penuh otomatisasi seperti sekarang, organisasi tidak dapat berkembang tanpa sumber daya manusia. Setiap industri membutuhkan tenaga manusia yang handal untuk mengorganisasikan setiap elemen untuk mendukung keberhasilannya.

b.      Material / Bahan baku. Bahan baku adalah bahan dasar dalam manajemen, baik itu industry jasa maupun industry produk. Kebanyakan bidang industri menyadari bahwa kualitas hasil industri mereka begitu tergantung dengan bahan baku.

c.       Machine/ Mesin. Mesin adalah peralatan dasar untuk memproduksi barang atau untuk menghasilkan jasa. Pemilihan mesin yang tepat tidak hanya meningkatkan efisiensi, tapi juga menghemat waktu dan meningkatkan penghasilan.

d.      Money/ Uang. Masalah uang dalam manajemen terlibat langsung sejak perusahaan didirikan dan pemilik membawa uang modal bisnis dalam jangka panjang. Lalu ditentukan rencana keuangan untuk jangka panjang dan jangka pendek.

e.      Moral Values / Nilai Moral. Setiap perusahaan yag ada di masyarakat harus menjalani bisnis dengan cara yang sehat dan baik.


2.       Market dan metode tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen karena keduanya merupakan unsur yang dilakukan dari faktor eksternal/ luar manajemen. Market atau Pasar merupakan faktor yang selalu berubah-ubah sesuai permintaan pasar, bukan kebijakan dari manajemen tersebut. Begitu juga Method atau tata kerja yang berupa pola tindakan bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan dari organisasi dapat tecapai secara efisien.


3.       Efisiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber dan waktu (input). Sedangkan Efektif adalah kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas.


4. 
       
a.       Analisis organisasi
b.      Komunikasi dalam organisasi
c.       Tata kerja, prosedur dan system kerja
d.      Pentingnya filling
e.      Penyimpanan data & dokumen
f.        Formulir
g.       Pendayagunaan mesin kantor & peralatan
h.      Penyusunan tata ruang & perencanaannya
i.         Penulisan laporan
j.        Penyusunan buku pedoman kerja
k.       Penyusunan Anggaran belanja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar