It's me

It's me
It's all about me

Jumat, 17 Februari 2012

Pengobatan Alami Buat Iritasi Kulit

Pernah ngalamin iritasi kulit? Gejala umumnya muncul ruam2 di kulit, kemerahan, gatal di kulit, benjolan, lepuh2 kecil, nyeri, ngerasa terbakar, kulit pecah2, kira2 gitu lah.
Penyebabnya biasanya karena bahan2 kimia tertentu di deterjen, kosmetik, produk rambut, gigitan serangga, stress, bahkan cuma karena perhiasan (ada tuh temen gw yg kulitnya sensitif sama perhiasan logam selain emas. Kulit elit bgt yah!).
Nah...kali ini kayaknya gw lg ngalamin hal itu di kulit muka gw, dan gw sadar, ini harus diatasi! Dan gw gak mau pake produk2 kecantikan lg, tkt salah lg.
Di intrernet inilah gw temuin 7 cara alami buat meredakan iritasi kulit ini, dan bahannya lumayan mudah didapat juga. Nih dibawah gw jabarin semuanya.



1. Mengompres dengan air dingin di kulit yang iritasi
Ini gunanya buat meredakan nyeri & bengkak2nya. Caranya rendam kain (handuk kecil) di air dingin (pake es batu), terus diusapkan ke kulit yang iritasi. Bisa juga pake kantong es yg ditutup handuk & dikompresin ke kulit.



2. Dengan baking soda
Aneh ya? Tapi ini serius loh, campuran baking soda dgn sedikit air bisa meredakan iritasi kulit. Jd krim campuran baking soda+air itu dioles ke kulit yang iritasi. Gampang kan?
Atau bisa juga dicampur ke air buat mandi. Jangan garuk kulit yg iritasi (ini berat bgt nih bwt gw, hehehe).



3. Oatmeal untuk mandi
Nah ini emang lebih ngaco lg, tp ini beneran loh. Oatmeals (klo di sini populernya merk Quaker Oats, tau?) tinggal digiling halus, trus dicampur ke air (hangat) buat mandi, bisa ditambah susu juga (emang kedengerannya kayak makanan buat sarapan, tp ini seriiiiuss!!). Terus mandi deh pake air itu, kalo bisa berendam selama kira2 20 menit..



4. Gel lidah buaya
Cara lain yg mungkin lbh segar, kita bikin aja sendiri gel dr lidah buaya, terus dioleskan ke kulit yg alergi. Katanya sih ini bisa ngurangin kemerahan, gatal & bengkak.



5. Sari apel
Sari apel...dari namanya aja udh jelas ini dari apel yg diambil sarinya. Terus usapkan aja dgn kapas ke kulit yg iritasi beberapa kali sehari. Bisa juga buat menyembuhkan kulit yg kebakar matahari.



6. Chamomile
Minyak essensial chamomile atau larutan sari chamomile bisa juga buat meredakan iritasu kulit, tinggal oles ke kulit yg iritasi. Bikin aja sendiri dgn ngancurun bunga chamomile dan diambil sarinya, taruh di kulkas, dan olesin waktu dingin2.



7. Campuran madu & kayu manis
Campur aja 3 sendok madu sama 2 sendok kayu manis bubuk, diaduk sampe jd krim gitu, terus diolesin ke kulit yg iritasi. Tunggu sampai pasta kering, baru dicuci pake air. Kayaknya menjanjikan nih, mengingat madu emang banyak khasiatnya.



8. Campuran madu & telur
Kalo ini lbh gampang lagi. 2 bahan ini dicampur aja trus dijadiin masker buat kulit yg iritasi, diamkan sampai 10 menit, baru cuci pake air.



9. Mentimun
Ini gw paling suka, soalnya paling segar. Taruh potongan mentimun di seluruh muka (ato kulit yg iritasi). Ato diparut & ditambahkan minyak vitamin E & sari jeruk, taruh di kulit yg iritasi sekitar 15 menit, baru bilas dh. Lbh sip lg kalo dlm keadaan dingin, suegeerrr...

Segitu aja ya infonya. Kalo ada ntar gw bagi lagi.
Semoga bermanfaat...

Source : http://health.detik.com/read/2011/10/24/174854/1751425/763/pengobatan-rumah-untuk-redakan-iritasi-kulit

4 komentar:

  1. Setelah melakukan ini semua kulit wajah kamu yang iritasi sembuhnya berapa hari say?
    aku juga lagi iritasi nih huhu syedih :(

    BalasHapus
  2. Pengunaan bahan-bahan alami memang lebih aman untuk mengatasi iritasi wajah

    BalasHapus