It's me

It's me
It's all about me

Selasa, 24 September 2013

Review Movie : Insidious 2 (Or the Ridiculous?!?)

Holla, Dora versi gede disini.
Kali ini gw mau cerita tentang film Insidious 2 yang baru aja gw tonton sama cowok gw (yg emang maniak mistis).

Gw sih nggak niat-niat banget nonton film ini, tapi karena tadi mendadak janjian ke Blitz Megaplex Bekasi Cyber Park buat nonton dan cowok gw berminat waktu liat poster film ini, yasud, langsung beli aja deh di Blitz ticket machine (Wait2...kok jadi kayak iklan komersial Blitz ya?!?).

Kita ambil yg jam 5, sementara kita pesan dr jam 4an kurang dan "anehnya" bangku yg terisi di studio itu udh lumayan banyak (kurang lebih 1/4 studio lah). Padahal biasanya satu studio Blitz ini sepi loh, gw pernah nonton satu studio cuma 4 ekor, eeh 4 orang maksudnya, berasa punya sendiri gw. Hahaha....

Abis ambil tiket, makan dulu di Mc Donald-nya, terus ngelem sendal gw yg mendadak mangap (malu deh ah...hahaha). Terus ke atas buat ke toilet bioskop bentar, baru ke depan studio 1, dan ternyata yg ngantri masuk studio bujuuug...udh kayak film box office gitu, makin kaget dong gw, biasanya blitz sepi kok, masuk studio aja tinggal nyelonong. Gw pikir ini film keren kali ya...apa mungkin ada yg nonton bareng sama pasukan sekelas, segank, atau sepengajiannya mungkin...makanya rame.

Tapi gw makin semangat, soalnya film serem pasti seru nih kalo yg nonton rame (soalnya kalo sepi malah jadi makin jiper :ngakak). Awalnya gw pikir mutu film ini sejalan sama jumlah penontonnya yang banyak.

Waktu gw tonton, dari awal aja pengemasannya lebay banget. Seolah2 produser atau siapapun yg punya ide menciptakan film ini obsesif banget buat nakutin orang, dari nampilin merk..ehh logo PH, pokoknya semua logo2an dah, semuanya dibikin sok horor, sok ngagetin, dan sok nakutin, bahkan perkenalan nama2 pemeran & crew aja  (yg tulisan2 dimunculin di depan itu loh..) kesannya bikin bulu kuduk merinding. Apalagi pas munculin tulisan "INSIDIOUS", sumpah pengen gw tabok yg bikin film, suaranya ngagetin plus nyakitin kuping, kenceng banget...



Gw nggak suka nih film horor yg ngejatuhin mental dgn suara2 ngagetin atau nyakitin kuping, murahan bgt kesannya, dan dari awal aja film ini udah menunjukkan gejala2 film horor murahan.

Di awal film kita nggak diperkenalkan mengenai kenapa-siapa-ada apa sih?!? Kita langsung dibawa ke sudut pandang orang yg mengenalkan diri sbg Elise yg dr suaranya seolah PD banget bisa memberi solusi dan menangani kasus keanehan di rumah keluarga Lambert sendirian. Ini kesalahan yang cukup fatal bagi seorang pengusir setan.
Pertama, saat berhadapan dengan setan, jangan pernah sendirian. Jika cuma anda sendiri yg bisa mengerti hantu dan menangani mereka, maka saat anda kerasukan/ diganggu setan, nggak akan ada yg bisa menolong anda.
Kedua, jangan kePDan, setan nggak suka orang yg kePDan.

Lalu Elise mulai bertindak aneh2, nekat, rawan banget bahaya, yg langsung membawa suasana menegangkan, dia menyuruh si anak yg diikutin setan (Josh Lambert) bermain "hot and cold".
Elise, wanita pengusir setan yg sotoy itu, berkeliling rumah itu malam itu juga dengan breaker di tangan dan semua lampu mati, nanti si anak dari living room sambil merem akan menginformasikan (dgn "kelebihannya") apakah suhu di sekitar Elise makin menghangat atau mendingin, kalo makin panas artinya disitulah kediaman mereka. Akhirnya semakin ke kamar anak itu suhu Elise terasa semakin panas, makin panas waktu ke closetnya, dan si Elise udah langsung aja ngobrol ama setannya. 

Udah dapet jelas belom kesalahan si pembuat film?!? 
Ya, mereka terlalu terburu-buru (atau terlalu terobsesi) untuk menakut-nakuti penonton. Kita nggak dibiarkan tenang dan senyum barang sedikitpun dari awal duduk, setannya udah langsung nongol. Belum lagi efek2 suara sialannya yg bikin jantung loncat, itu sebenernya yg paling nakutin di film ini sih. Pokoknya kalo kita nonton film ini, seolah-olah dunia isinya kelam & ngeri semua, nggak ada ceria2 atau normalnya barang sedikitpun.

Setidaknya kasih kita kesempatan buat bernapas lega dulu kek, melupakan sebentar tentang gangguan setan2 biadab itu, kita kan juga mau melihat indahnya sinar matahari (ceilaah...). Kalo di film ini sepertinya setannya yg jadi pemeran utamanya...habis yg disorot aktifitas setan dan pemburuan setan melulu sih...setidaknya kasih kek gambaran kehidupan normal keluarga Lambert buat hiburan, sisi normal mereka.

Pokoknya garis besar film ini cuma berburu setan, dan setannya itu pun ternyata ibu2 psikopat gaje dengan basic kehidupan gaje yg diceritakan setengah2...sampe sekarang gw masih nggak ngerti ada apa di masa lalu ibu2 berbaju pengantin hitam yg ngebunuh banyak orang itu, apa hubungannya dgn anak cowoknya yg terus2an didandanin jadi cewek dan dirawat selayaknya anak cewek, dan keterhubungannya sama bapak Parker yang di akhir hayatnya obsesif banget buat bunuh diri.
Padahal bukankah lebih dramatis kalau sejarah2 kelam semacam itu diungkap di akhir, pasti ada motif dong yg mendorong si ibu bisa sekejam itu, nah detail2 itu padahal bagus banget tuh kalo ditongolin secara utuh, mengenai kehidupan si ibu itu dgn suaminya bapak Parker dan apa yg membuat ibu itu benci banget sama suaminya si Parker itu, kenapa pula anaknya disuruh jadi cewek dan ditabokin melulu.

Dan soal pembunuhan banyak orang yg mayatnya ditemukan di rumah sakit tua nggak kepakai itu, itu buat apa? Dibahas pun nggak pembunuhannya. cuma buat penghias sekelebat doang?!?

Awalnya gw kira sekian banyak orang yang mati bergelimpangan jadi mayat dlm pembunuhan berantai itu akan menjelaskan dan mengungkap banyak hal, seperti sekte ilmu sesat mungkin, atau pembunuhannya punya alur dan alasan tertentu...

Ternyata mereka semua mati sia2...kasian...
Detail kematian mereka aja nggak diselidiki dengan jelas oleh tim pemburu hantu itu...

Ya, tampaknya pemburu hantu itu cuma fokus buat "memburu hantu", bukan mencari kebenaran cerita dibalik misteri ini...Seolah2 mereka berprinsip "Udahlah lupain hal-hal nggak penting seperti sekian banyak mayat yg bertebaran di sini. Ngapain ngurusin orang lain! Misi terpenting kita adalah selamat dari gangguan hantu yg meneror kita itu. Kalo kita udah aman, masalah selesai!".
Kasian mayat2 itu...kayaknya dilaporin ke polisi dan dikuburin dgn layak juga nggak sama tim pengusir setan yg menemukannya....kasian...

Dan yang paling gw gemesin di film ini adalah para pemburu hantu yang polos poloooos bener, seolah2 nggak tau apa2 soal hantu, bahayanya, dan cara menghadapinya, tapi begitu nekat dan sok berani.

Kayak si bapak tua yang selalu pegang dadu buat manggil arwah (Carl). Buseet, dia manggil arwah kayak manggil temennya aja, cuma duduk melingkari meja sama tim pengusir hantu yang lain dan bilang "Elise, kita manggil kamu nih. Kesini dong, kita mau nanya-nanya sama kamu.". Emang sih arwah yg dipanggil itu arwah si Elise temen deketnya, tapi ritualnya nggak sakral banget, pake apa kek, mantra kek, syarat kek, dupa ato kemenyan gitu...masa cuma manggil gitu aja dia dateng, nggak keliatan professional dan artistik banget.
Tapi emang dateng sih hantunya, dan bodohnya si bapak langsung percaya itu arwahnya Elise dan percaya semua informasi dan petunjuknya. Padahal dari awal gw udah mewanti-wanti dalam hati, "Tunggu, itu beneran arwahnya Elise bukan tuh?! Masa langsung percaya aja sih? Setan kan nggak keliatan, bisa aja dia bohong! Kayaknya ni arwah bukan Elise nih..."
Dan perkiraan gw tepat, dan terbukti insting gw lebih cerdas daripada pemburu hantu amatiran itu.
Pada akhirnya informasi nama tempat yang diberikan arwah itu sebagai petunjuk cuma jadi perangkap buat nganter mereka ke bahaya yang lebih besar. Mampuss! Bego sih informasi nggak disaring dulu!

Dan tingkah ceroboh bapak pemegang dadu itu masih terus berlanjut waktu berhadapan sendirian sama Josh besar (Udah berkeluarga & punya anak) yang udah jelas2 dirasuki setan psycho. Emang sih kedua partner pemburu hantunya masangin mic & kamera kecil buat ngawasin si bapak ini, tapi mereka ngawasin di mobil yg jauh dr rumah.

Bapak2 tua disuruh sendirian ngehadapin badan tegap Josh yg dirasuki roh psycho yg nyamar sebagai Josh beneran, bisa apa kalo nanti diserang? Senjata aja dia nggak bawa. Harusnya bawa persiapan apa kek, air suci kek, kitab kek, doa2, atau pistol dan pisau sekalian, ini malah cuma bawa jarum suntik berisi obat penenang. Emang mempan orang kerasukan setan dikasih begituan?!? Iya kalo lagi tenang, kalo lagi ngamuk & nyerang, mau nyuntik dimananya?!?
Dan bener aja, si Josh yg isinya roh pembunuh ini dengan gayanya yg sok lugu langsung nyerang pake pisau, untung aja temen2nya si bapak tua ini nyelametin.

Itu benar2 tingkah terbodoh dan ternekat yang dilakukan bapak2 tua (yg ngakunya pengusir hantu) kepada orang yang kerasukan roh berbahaya.

Pokoknya disini seolah2 nggak ada perlawanan sama sekali deh dari para manusianya, seolah2 hantu lebih kuat dan lebih cerdas kemana2, manusianya kena melulu ditipu dan dibegoin. Nggak ada kartu AS apapun buat ngelawan setan yg keenakan berbuat jahat dengan leluasa itu, nggak ada doa pengusir, bahkan kayaknya hampir nggak ada upaya "pengusiran & perlindungan", adanya malah upaya "pemburuan setan".

Dan yang paling mengerikan di film ini adalah...para pengusir hantunya nyatanya nggak punya pengetahuan & kemampuan apapun buat mengusir hantu.

Satu lagi yang paling gue benci di film ini, strategi murahannya yang lebih mengandalkan sound effect ngagetin dibanding jalan ceritanya.
Bahkan bisa dibilang setan sama sound effectnya sereman sound effectnya, kadang di adegan nggak ada apa2, sound effectnya aja yang sok nakut2in.
Nonton film ini jadi inget sama film2 horor murahan Indonesia (nggak termasuk film "Kuntilanak" loh ya. Malah menurut gw bagusan film "Kuntilanak"nya Julie Estelle itu karena menghadirkan sejarah2 kelam dengan campuran budaya yang meski mistis tapi tetap artistik & manis.). Yang gw tangkep disini si pembuat film nggak niat bikin cerita, dia cuma kepengen banget nakut-nakutin orang yang nonton, nggak peduli sisi artistik cerita yang penting setannya nongol, yang penting ada jalan ceritanya, yang penting kesannya kelam dan gelap, dan yang penting ngagetin.

Padahal gw menanti film horor yang artistik, dengan jalan cerita yang meninggalkan kesan mempesona dan manis setelah selesai nonton, yang mengandung pesan atau misi buat di ungkap, yang di belakangnya mengungkap jelas semua hal yang sebelumnya jadi misteri sehingga ada "hasil" yang didapat dari semua kesulitan berhadapan dengan hantu itu. Yang bikin penontonnya bilang "Ternyata begini toh...gue bersyukur udah nonton film ini sampe akhir."
Bukannya malah bilang, "Gue bersyukur filmnya udah abis!!! Anjritt! Film apaan nih?!?"

Ini benar-benar film horor barat yang menyedihkan...
Masih banyak misteri yang bisa diungkap secara jelas di film ini, tapi mereka cuma ngebahasnya sekelebat-sekelebat...
Bahkan sampai disini masih banyak pertanyaan di otak gw yg nggak dijawab sama film itu, istilahnya kentang, kena tanggung...
Sayang sekali...

23 komentar:

  1. Kalo ga pernah nonton Insidious 1 atau bahkan ga suka horor ala James Wan yang emang kerjaanya ngagetin orang dan bikin stres, lo cuma buang duit nonton yang kedua ini.
    Seperti yang udah dijelasin di atas, ga ada pengenalan karakter di film ini karena semua karakter kecuali Carl (bapak-bapak berkacamata) merupakan karakter yang muncul di Insidious 1.
    Soal banyaknya hal yang ngegantung di film ini, kaya alasan Ibunya nyuruh Parker bunuhin orang itu emang gantung banget. Tapi ngeliat Insidious 1 yang cukup banyak juga yg ngegantung yang akhirnya dijelasin secara jelas di Insidious 2 mungkin kisah Parker dan Ibunya emang sengaja dibuat gantung buat adanya Insidious 3 yang diakhir film sedikit dimunculin teasernya soal keluarga Allison.

    Kembali ke selera, dan setiap orang punya pendapat yang berbeda soal seleranya!! :shakehand

    BalasHapus
  2. Setuju dengan Dian, gak fair rasanya dengan semua penilaian kamu itu tanpa menonton Insidious 1...

    Nonton dulu semua baru koment ya mbak.. saya kok malah kasihan dengan kamu...

    BalasHapus
  3. Actually, kita wajib sudah menonton film chapter 1 sebelu menonton film INSIDIOUS CHAPTER 2 ini, karena jalan ceritanya nyambung. Kalao gax pernah tahu isi cerita pertama, dijamin isi commentar untuk film CHAPTER 2 ini bakal kayak komentar DIAN yang super OON dalam beri komentar tadi.

    Tapi DIAN gax salah juga, DIAN memberikan comment dari sudut penonton "NEWBEE" alias penonton film SATUAN, bukan penonton film sambungan.

    BalasHapus
  4. Kalo gak ngerti alur ceritanya, mending jangan berkomentar deh mbak. Kasian gue liat lu. Masa si parker crane versi dewasa lu bilang suaminya ibu2 bergaun pengantin hitam?? Udah jelas2 ibu2 bergaun pengantin hitam itu adalah parker crane yg menyamar kalo mau bunuh orang. Dan anak kecil yg didandani kayak cewek itu adalah parker crane waktu kecil. Haduh, masih banyak hal yg tidak lu ketahui. Lain kali, pahami alurnya, baru berkomentar :)

    BalasHapus
  5. Ya betul, dari kata2 kamu yang pertama yang berbunyi "Di awal film kita nggak diperkenalkan mengenai kenapa-siapa-ada apa sih?!? Kita langsung dibawa ke sudut pandang orang yg mengenalkan diri sbg Elise yg dr suaranya seolah PD banget bisa memberi solusi dan menangani kasus keanehan di rumah keluarga Lambert sendirian. Ini kesalahan yang cukup fatal bagi seorang pengusir setan.
    Pertama, saat berhadapan dengan setan, jangan pernah sendirian."

    Bukan gak memperkenalkan tokoh, tapi karena ini cerita lanjutan kakak. Coba nonton INSIDIOUS 1 dulu, baru bisa komeng :p

    BalasHapus
  6. Gregetan bgd siy baca review murahan gnii .aduh mbak yuu ,komentarnya g berisi bgd deh krn baru qm doang lo yg bilang ni ffilm menyedihkan .ini bisa jadi g nyambung ma alur pilmnya Dan bisa krn tingkat pemahaman crita yg bgitu dangkal alias bego ,sorry to say.. udah g usah nonton pilm yg mikir gni ,Wong g nutut gtu pikirannya, nonton tu pilmnya jupe haduuuh

    BalasHapus
  7. bisa dipastikan orang ini belum nonton insidious 1 XD makanya mbak jangan cuma ikut euforia aja , mentang2 banyak yang nonton insidious aja ikut ikutan nonton , eh padahal situ belom nonton yang pertama . pahami dengan baik juga atuh alur ceritanya . kalau ngak faham, di ttonton lagi sampai paham biar nggak jadi review abal abal macam ini -.-

    BalasHapus
  8. Menyedihkan, nggak juga,, menurut gue malah loe yang menyedihkan;

    1. Pengemasan lebay, justru reaksi loe yang lebay. Kalo mental nggak cukup kuat, gampang jatoh denger suara2 keras gitu mending nonton di rumah aja.
    2. Setan nggak suka orang yang kepedean, kata siapa mbak?? setau DAN menurut pengalaman gue, semakin loe PD dan berani, semakin takut lah mereka. Sebaliknya, semakin minder dan takut loe, justru mereka semakin berani n nglunjak (ndak semuanya, tapi mayoritas begitu).
    3. Masalah kelam n tegang terus2an, ya ini memang masalah selera. Kalo gue justru puas, berasa tegang terus dari awal sampe akhir, nggak rugi bayar tiket. Lagipula, suasana kelam itu menggambarkan kehidupan mereka aja, sinar matahari (di dunia film) tetep cerah koq.
    4. Ibu2 pengantin berbaju hitam alias Parker Crane alias Marylin bukan emak dari anak yg disiksa n dipaksa dandan cewek, tapi dia adalah anak itu sendiri versi dewasa. Yang bunuh diri di rumah sakit, dia bukan bapaknya Parker, tapi Parker versi tua. Oh ya, dan dia bukan ibu2 seperti yang loe bilang, tapi bapak2. Maho.
    5. Kalo si bapak2 yg pegang dadu a.k.a Carl, dia kan bukan orang biasa alias gifted, wajar2 aja cuma pake dadu nggak perlu menyan dll., banyak koq orang kayak gitu yang bahkan nggak modal apa2 cuma modal badan doang. Tapi memang sikapnya terlalu ceroboh, gue setuju.
    6. Carl ngadepin Josh (Parker) sendirian, ya jelas lah. Kalo mereka bertiga masuk semua barengan, ya curiga ntar Parker nya. Dan tujuan mereka untuk melumpuhkan, bawa2 senjata lethal kayak pisau, pistol jelas bukan pilihan. Tentang suntikan obat penenang, gue rasa cukup efektif karena yang diserang adalah tubuhnya Josh, bukan arwahnya Parker yang ada didalamnya. Terbukti, waktu kejepit pintu tangannya bisa memar persis kayak manusia normal. Nggak ada kekebalan khusus layaknya manusia yang kesurupan di Indonesia.
    7. Menurut gue semuanya udah cukup jelas disini, film ringan gini yang bahkan gue nonton telat 20 menitan masih bisa nangkep alur ceritanya. Kalo loe yang nggak nangkep ya maaf, berarti loe sendiri yang kurang cerdas.

    BalasHapus
  9. Iya УД, kasihan mbk nya yg koment ngawur awuran gtu, saya УД: saya emg belum nonton film pertamanya, tp saya sempat ngebrosing dl untuk film pertamanya, alurnya dl kayak apa,, kmdn nonton nih sekuel kedua, emg sih ada yg ngegantung di benak aku, beberapa, tp akhirnya ketemu alurnya, oh dulu gini , oh dulu gitu, dan kemudian,,,??? Terjawab, dengan hadirnya adegan akhir si Allison itu pun nanti ada hubungannya juga,,

    BalasHapus
  10. Udah dapet jelas belom kesalahan si pembuat film?!?
    Ya, mereka terlalu terburu-buru (atau terlalu terobsesi) untuk menakut-nakuti penonton.
    Pernyataan diatas lebih tepatnya seperti ini :
    Udah dapet jelas belum kesalahan si pembuat blog ini ?
    Ya, dia terlalu terburu-buru (atau terlalu terobsesi dengan cerita lebay-nya) untuk menjudge film Insidious Chapter 2 ini tanpa mengetahui alur cerita sebelumnya ( Insidious 1).

    BalasHapus
  11. hehehe kasian juga ni,, maaf mba buat pembelajaran aja malah menurut saya ide cerita ini yang bukan dari kisah nyata atau mitos2 tertentu, Insidious suatu hasil kreatif yang brilian bahkan artistik,,tolong ditonton dulu yang pertama namanya juga sekuel biar jelas dan tolong bahasanya jangan sok compare sama horor indonesia favorit tapi malah ngejatuhin bahasa diri sendiri :P

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. *I'am waiting for a better work
    #typo

    BalasHapus
  14. Wah .. review yang panjang ya .. Tapi menurut saya terlalu melibih-lebihkan, lebih amatir daripada film yang diceritakan.
    soal cerita-cerita yang ngegantung itu, jelas karena film ini adalah sekuel, maka tidak heran bahwa banyak asal-usul atau keping misteri apa-siapa-mengapa yang tidak jelas di Insidious 2, tapi sebagian merupakan pemecahan misteri di Insidious 1, dan mungkin merupakan kunci untuk film selnjutnya (jika ada).

    Dan mengenai si Carl itu, memang begitu sifat dan perilaku tokoh YANG SUDAH SENGAJA dibuat oleh si pembuat skenario. Mungkin sudah merupakan sifat (serta alur cerita) bahwa si carl mudah percaya. Atau malah karena sudah tegang dan capek, akhirnya yaa .. percaya.

    Juga untuk me-review, pakailah bahasa yang baik dan benar, jangan bertele-tele apalagi curcol begini.

    Edit: Saya menghargai selera masing-masing, tapi rasanya seperti benar-benar menekankan bahwa film ini jelek. Padahal, bagi saya tidak. Yosh, I'am writing for a better work. :]

    BalasHapus
  15. kalo ga hobi nonton film jangan maksa...akhirnya malu2 in diri sendiri aja kan....pemahaman lo dangkal banget,itu akibat suka ikut2 an
    kalo gak ngerti mending diam itu lebih baik
    ya jelas ramelah insidious kan memang box office,,itu aja gak tau,,,miris gue,film sebrilian gitu diulas sama orang geje kayak lo,,,,,apa kata james wan ya????hahahhaha....................the conjouring kalah seram kemana-mana sama insidious,,,itu kalo lo ngerti

    BalasHapus
  16. Eh siti,antara lu yg tampang nya cabe2an yg taunya ntn film hororcabul indo doang..otak lu mana sampe ama film box office gt..gini ya,orang kalo ga ngerti wajarnya sih diam..yg bikin malu itu yg ga ngerti malah cuap2..marah?kalo mau marah,marah tu ama cowo lu krna lu jengkel kan diajak ntn film yg lu ga ngerti?hhaha. Mending lu nongkrong pinggir jalan gelap2an gih pacaran ala cabe2an smbil digrepe2 ma cowo lu

    BalasHapus
  17. kasian yah, film sebegitu bagusnya gak dipahami, sayang2in duitmu aja mbakyu

    BalasHapus
  18. Otak lo dangkal. Mending nonton dora the explorer

    BalasHapus
  19. otak udang. IQ lo jongkok atau tengkurap? cih

    BalasHapus
  20. Ya ud.. kmi tunggu film horor buatan Lo..

    BalasHapus
  21. kasihan bgt sih ni org, kalo nggk nangkep critanya gk ush komen yy gk jlas, malu2..in . Film bgs kyk gini dibilang murahan, bodoh!!

    BalasHapus
  22. Iseng liat" review film ini dan nemu review ini kok kesel ya, kata" lo yg nunjukin kalo lo ga suka film ini keliatan bego banget sumpah! Pembuat film bagus gini lo kata murahan.. tapi gue liatnya lo si yg murahan, sampah bgt review lu. Kalo pembuat film ini tau diketawain abis"an lo🤣. Kalaupun ga suka filmnya pilih kata" yg tepat mbak jgn kayak gini keliatan begonya tau dan lo bener" ga menghargai karya orang kayak seakan" lo bisa lebih aja😅

    BalasHapus