It's me

It's me
It's all about me

Minggu, 23 September 2012

Hal-hal Tentang Dunia Cewek Yang Gue Sendiri Nggak Ngerti

Hi, long time no see, ohisashiburi nee...

Gw udah lama ya nggak nulis yang gila2...tapi kali ini gw kepikiran sesuatu...
Gw cewek, ori loh sejak brojol, yah lu semua tau itu...tapi kadang gw sendiri nggak ngerti apa yang cewek2 (stylish) lain pikirkan...seperti trend misalnya... Sampe sekarang gw nggak ngerti konsep trend, (padahal seharusnya secara instingtif setiap cewek harus ngerti soal trend ini).

Gw berambut panjang dari kecil, karena itu gue kebiasaan dan nggak pernah tega pendekin rambut gw. It means bukannya gw nggak pernah potong rambut ya, kalopun gw potong rambut bakal tetap gw pertahankan supaya panjang, paling cuma rapihin ujungnya doang.
Masalah datang saat gw sekitar SMP lah...gw kan sekolah di SMP terkemuka yg terkenal dengan siswa-siswinya yang tajir dan borjuis. Seperti kalian semua tau, SMP itu saat pencarian jati diri, saat anak-anak baru mengenal dandan, atau trend, atau fashion. Buat cewek2 yang kecepetan gede (aka udh ngerti gegenitan), itu senjata, mereka bisa tampil lebih waaaw drpd cewek lainnya dan bs jadi leader yg dikagumin anak2 lain karena lebih "ngerti" dandan. Sedangkan buat cewek yang telat gede (kayak gw misalnya), itu juga senjata...iye senjata yg bakal nusuk gw karena masih polos nggak ngerti dandan, jadinya gw abis deh mereka julukin anak katro...dianggap berdosa 7 turunan, dan itu cuma karena gw nggak bisa ngikutin cara mereka dandan, nggak bisa terlihat stylish di sekolah, nggak pernah pake aksesori lucu yang mempermanis penampilan. Gw orangnya cuek, atau gw lebih suka bilang gw orang yg professional. Setau gue sekolah tempat belajar, bukan catwalk, ya jadi ngapain gw dandan hebring pake gelang bersusun-susun ato pamer sweater cute terbaru yg dibeli di butik2 terkenal (karena gw jg emang gak punya. hehehe...), gw ya gw, yang penting waktu itu gw pinter, ceilee.

Balik lagi ke masalah rambut. Sekolah gw itu sekolah islam, jadi setiap siswi diwajibkan berkerudung, tapi para siswi selalu buka kerudung kalo lagi wudhu sebelum solat berjamaah, solat itu agenda wajib bagi siswa-siswi sekolah gw. Nah saat sessi wudhu itulah komentar miring berdatangan.
"Rambutlu panjang banget. Kampungan tau, pendekin aja gih. Kan sekarang lagi trend potongan rambut pendek."
Gw cuma bisa tersenyum kecut waktu itu, tapi gw anaknya bebal. Jujur gw nggak terlalu peduli ama trend, makanya gue tetep pertahanin ciri khas rambut panjang gw itu. Dan sampe sekarang gw bersyukur gw waktu itu nggak terpengaruh trend, karena baru sekarang2 ini gw sadar muka gw yang bulet ini nggak cocok sama potongan rambut pendek, ntar malah kayak Dora jatohnya...(Mana muka gw jg mirip Dora...T-T)

Sebenarnya trend rambut pendek waktu itu nggak cuma gw sadari di sekolah. Saat gw ke salon pada masa2 itu, gw juga sadar betul betapa susahnya cari model potongan rambut panjang. Katalog potongan rambut yang gw buka-buka kebanyakan nampilin cewek2 korea atau jepang dengan wajah imut dan potongan ramput pendek. Kalopun ada yg panjang, nggak sepanjang rambut gw, asal masih terbilang panjang aja gitu...palingan cuma sepunggung (rambut gw dulu panjangnya sepinggang). Dan selalu si pemotong rambut nyaranin gw buat mendekin rambut sesuai trend. Dari situlah gw belajar untuk berimprovisasi dengan melafalkan kata "Rapiin aja ujungnya nggak lebih dari 5 cm". Itu mantra gw sejak waktu itu setiap datang ke salon buat potong rambut.
Tapi seiring perjalanan jaman, rambut gw bukan berarti nggak ngikutin trend jaman juga, rambut gw tetap panjang seperti ciri khas gw, cuma ujungnya doang gw gayain (itu gw beri nama konsep "menyaring trend dengan cerdas", bagaimana caranya kita ngikutin trend tp tetap mempertahankan ciri khas diri kita), ujung rambut gw dibuat segi, atau trap, atau ditipisin, yg penting gw terlihat fresh dan modern kan? Dan dari situ juga gw mulai berani mengeksplorasi potongan rambut panjang gw, yg tadinya gw saklek harus panjang sepinggang, sedikit gw tolerir agak lebih pendek ngikutin gaya potongan rambutnya...Yang penting ciri khas gw tetep melekat...si Sikhod yang berambut panjang...duilee...

Baru deh, pas akhir-akhir ini rambut panjang booming lagi, entah artis mana yg mulai ya (seperti kita tau, trend Indonesia berkiblat dari apa yg ditampilkan artis kayak kerbau dicocok idungnya...), mereka (temen-temen gw yg borjuis itu) maksa2in diri buat manjangin rambut. Ada yg pake shampoo pemanjang rambut, supaya rambutnya cepet tumbuh panjang, ada yg rambutnya disambung pake hair extension segala, bahkan ada yg pake klip rambut (rambut palsu berbentuk klip yg dijepit) cuma buat sekedar biar seakan2 keliatan berambut panjang. Duilee...segitunya ya mereka diperbudak trend...gw yg ngeliat jadi kesel sekaligus kasian sendiri. Keselnya karena batin gw pengen ngomong, "Dulu aja ye, waktu rambut gw panjang dan lg nggak trend lu kata2in gw, lu bilang katro, sekarang aje, giliran lagi trend lu puja2 dan demenin banget itu rambut panjang. Trus sekarang yg bego siapa?!?". Nah lucu karena kocak aja liat mereka kerepotan sendiri ngikutin trend yg selalu berubah2. Begitu lah kalo terlalu diperbudak sama trend, jadi nggak punya jati diri, nggak punya ciri khas, semua seragammmm...dan gw nggak suka itu.

Satu contoh lagi, dulu seperti yang sudah dijelaskan diatas, sekolah gw itu mewajibkan siswinya pake kerudung. Otomatis waktu itu rambut gw sering gw cepol. Nah pas session wudhu itu, ada aja komentar miring lagi kedengeran. "Kok lu dicepol sih, kayak emak2 tau. Kayak mpok2...Kampungan."
Gw jg waktu itu nggak terlalu mempersoalkan. Toh maksud gw dicepol itu supaya lebih ringkes, bukan buat gaya2an. Secara rambut gw panjang, masa iya gw iket ekor kuda biasa, nanti rambut gw keliatan menjulur kebawah dong kalo pake kerudung. Lagian ngapain gw gayain rambut gw, toh nanti juga ketutupan kerudung.
Mungkin kalo sekarang nih, gw bakal bilang, "Rambut rambut gw, kunciran kunciran gw, yang beli kunciran gw, pake duit gw, masalah buat loe?!?"
Nah lucunya, sekarang giliran demam korea merajalela, dan mereka liat artis2 cute korea idola mereka rambutnya pada dicepol satu (kayak gw dulu), mereka langsung pada ngikutin. Sekarang malah fungsi cepol bukan cuma supaya nggak gerah, tapi juga "trend". Ke mall rambut dicepol, hang out rambut dicepol, bahkan ke party ultah temen rambutnya juga dicepol.
Lah gw yg ngeliat kan gemes ya, pengen sih bilang "Hellooww, dulu siapa yaa yg bilang gw kampungan karena rambut gw dicepol?!?!"

Ada lagi yang lucu. Alhamdulillahnya ya, rambut gw udh lurus dari sananya tanpa gw apa2in. Masalahnya kan pernah booming juga tuh trend rambut yang lurusss sejadi2nya. Pake direbonding lah, smoothing, ato pake catokan doang, ato malah mungkin pake setrikaan...terserah yg penting lurusss kayak penggarisan. Gw pernah denger ya obrolan gank cewek2 borjuis di sekolah gw, waktu di kamar mandi sekolah. Kan kaca di ruang wastafel sekolah gw tuh gede sejadi2nya ya, nah disitulah mereka sisiran, rapihin dandanan gitu. Terus salah satu cewek nyeletuk. "Rambutlu habis dibonding ya?"
Nah cewek yg di tengah ini, yg jadi bahan obrolan jawab. "Bukan, ini dismoothing."
"Abis berapa lu kemarin?" Tanya temennya yg satunya.
Si pusat obrolan ini jawab lagi, "Kemaren abis 500 ribuan lah..."
Dalem batin gw..."Buset...jatah makan gw 50 kali tuh...jumlah uang jajan gw buat 25 hari..."
Dan selanjutnya mereka ngerumpiin tentang bedanya rebonding sama smoothing gitu...

Gw yg denger nominalnya geleng2 kepala, cewek mau2nya ya ngeluarin segitu mahal cuma buat perawatan rambut doang...Padahal gw mah dengan krim creambath yang dijual2 bebas buat dipake sendiri pun udh ngerasa cukup manjain rambut gw kok...Tinggal creambath sendiri aja di kamar mandi, ngapain ngeluarin duit mahal2 cuma buat ngebayar jasa orang yg ngolesin krim ke kepala gw doang...Gw juga punya tangan kalee, bisa sendiri...

Mungkin lu bakal heran dengan nominal itu karena nggak seharga tarif "salon yg biasa kalian kunjungin". Gw sih percaya tu cewek nggak bohong, masalahnya anak2 sekolah gw tipikal anak kelas elit (gw biasa menyebutnya dgn kalangan highclass) yg pasti bakal nyari salon ternama di mall2 buat mempercayakan perawatan rambut mereka. Mereka nggak bakal mau ke salon2 rumahan ato salon2 pinggir jalan yg berlabel "Salon Susan" dan semacamnya...tuh denger namanya aja udh bikin gw ngeri dan curiga, yg punya salon cewek ori ato KW... Ni salon asli apa modus...Hahaha...
Kalo gw, jujur gw nggak pernah ikutan rebonding2 ato smoothing2 segala (seperti yg kalian tau, gw cuek soal trend), gw udah ngerasa cukup puas kok sama tekstur rambut gw yg aneh2 unik ini, yg kadang gelombang sendiri, kadang lurus sendiri, kadang malah gimbal, sakarepmu dewe lah... tapi karena nggak bisa dipresiksi itulah gw suka kejutan dari rambut gw, hahaha...

Nah yg paling absurd dari cewek2 rebondingers ato smoothingers (sebutan buat cewek2 yg maksain ngelurusin rambutnya supaya lurus sejadi2nya kayak penggaris) itu...meski mereka udah bela2in bayar tarif tinggi buat ngelurusin rambut...tapi sebagian besar dari mereka kalo mau ke kondangan (ato bahasa kerennya party) pasti rambutnya dikeriting2in (atau sebutan kerennya curly...keriting keriwil gitu...) gitu deh...Coba lu cek sendiri foto2nya, sebagian besar pasti begitu semua rambutnya...
Absurd kan? Apa coba maunya?
Mau lurus ya lurus aja!
Mau keriting ya keriting aja!
Masa baru kemaren dilurusin, sekarang udah dikeriting2in lagi...nonsense kan? Konsisten dong!
Jadi yg bego siapa?

Ada lagi gw pernah dengar di TV ngebahas soal mentato bibir buat cewek. Jadi tuh cewek2 yang mau bibirnya merah merekah sepanjang waktu, bela2in disuntik pewarna gitu ke bibirnya supaya meraahh teruuss...
Gw cuma bisa komen, "Ni cewek2 pasti nggak kenal teknologi termutakhiiirrr yang namanya LIPSTICK yak?!?!", geleng2 kepala heran gw...
Gw sendiri aja ngerasa cepet bosen sama warna lipstik tertentu. Kayak misalnya jaman lulusan SMA dulu gw seneng banget sama lipstick2 yang warnanya orange2 gitu, kesannya seger dan natural aja. Orange kecoklatan gitu deh, biar keliatannya warnanya kalem tapi fresh. Terus jaman2 kuliah tahun kedua gw jadi suka lipstick warna peach pink (pink agak keorenan), keliatan lebih manis aja gitu, natural, feminin tapi gemesin. Nah sekarang2 gw malah suka lipstick yang warnanya soft pink ato pink susu gitu...soalnya manis dan terkesan feminin tapi tetap natural.

Nah gw bingung, kalo bibirnya keburu disuntik merah gitu, apa mereka nggak perlu pake lipstik lagi? Apa mereka segitu malesnya pake lipstick sampe rela ngebayar muahhaal buanget buat bikin bibir mereka merraah meronaa selalu gitu? Apa mereka nggak ada keinginan buat coba2in lipstik dengan berbagai warna warni yang menarik gitu?
Gw sendiri aja suka gemes sendiri kalo beli lipstick, warnanya lucu2 man! Mau yang warna ini, mau coba yang warna itu juga, eh yang itu jg kayaknya bagus deh..bingung sendiri jadinya. Dan kebanyakan lipstik yang gw suka tuh yang warnanya kalem gitu, warna muda jadi kelihatan natural dan nggak ngejreng (biasa disebut warna nude) dan bisa dipake kemana aja.
Nah seperti yang lu tahu, warna2 kalem itu bagusnya diaplikasikan ke alas/ dasar yang berwarna kalem juga kan? Kalo alasnya warnanya ngejreng duluan, warna kalem itu jadi nggak terlihat kalem lagi seperti warna aslinya kan?
Nah yg gw bingung, cewek2 yang bibirnya disuntik merraahh meronaa itu nggak tergoda apa buat mencoba lipstick warna2 kalem seperti warna nude pink gitu?!? Kalopun mereka coba pake lipstick warna kalem, pasti nanti warna lipstiknya jadi nggak kalem lagi, soalnya udah kepengaruh sama bibir mereka yang warnanya ngejrengg duluan itu...
Kasian ya cewek2 itu...otaknya terlalu cetek sampe nggak menyadari solusi yg lebih murah dan lebih mudah buat cantik...Zannen desu yooo

Sebenernya masih banyak keluh kesah gw tentang mode dan trend yang sampe saat ini nggak masuk ke logika otak gw...terlalu absurd buat dipikirkan secara logis ama gw... Tapi nanti aja deh, gw pengen istirahat dulu ah...
Dan inget pesan gw...jangan mau diperbudak sama trend! Saringlah trend secara cerdass...jangan bangga jadi trendfollower...banggalah kalo kalian punya gaya sendiri dan cobalah jadi trendsetter! Wokei?

Jadi babaaay! See yaa! Mata atodee!
Piss, lop, en gaooolll....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar