It's me

It's me
It's all about me

Senin, 24 September 2012

Proyek PI Yang Bernama "Kenali Mandailing"

Konbanwa! Met malam semuanyaa!
Gw baru sadar nih gw belum cerita perjalanan PI (Penulisan Ilmiah) gw ya? Hehehe, lumayan lah promosi hasil proyek PI disini.
Berhubung gw kuliah di jurusan Sistem Informasi, jadi penulisan ilmiahnya disertai juga dgn pembuatan program berbau2 IT gitu, entah itu program aplikasi, game, atau website.
Awalnya gw bingung mau bikin apa, gw ngerasa masih gaptek bgt soalnya. Tapi karena gw sedikit unggul di pembuatan website (sedikit suka karena ada proses "desain"nya walaupun waktu itu belum prnh nyoba bikin website utuh), jadi gw pilih bikin website aja lah.
Tadinya gw pingin bikin website penjualan, yang buat majang2 produk gitu, tapi berhubung gw bingung mau ngejualin apaan...jadi gw ubah deh judulnya jadi website kebudayaan, temanya...tadaaa...kampung gw, Mandailing! Yeaaahhh!!! Gw kasih nama website itu "Kenali Mandailing".

Mandailing emang belum begitu santer diketahui oleh masyarakat Indonesia sendiri, walaupun akhirnya namanya agak keangkat setelah ada rebutan budaya Mandailing yg coba diklaim oleh Malaysia (Maling siah!), inget gak isu tari Tortor dan Gordang Sambilan yang mau diklaim Malaysia itu? Itu budaya daerah Mandailing yang mau diambil. Padahal banyak loh orang2 asal Mandailing yg jadi tokoh besar di Indonesia.

Dan berangkat dari keprihatinan itu, gw pengen memperkenalkan, ini loh kampung gw yang bernama Mandailing, ini loh budaya2nya. Yang pastinya banyak adat & budaya yang seru, tempat2 yang asyik, dan makanan yang enak, yang bakal dibongkar di website ini, semuanya dari Mandailing.

Dan yg paling seru lagi, disini kalian juga bs belajar bahasa Mandailing lewat kamus onlinenya! Keren kan?
Dimana lagi coba yang ada kamus tradisional Mandaling online yg cukup lengkap gitu?

Sebenernya pas pembuatan PI gw mepet2 waktu deadline gitu...tapi alhamdulillah selesai juga, kekejar...meski harus ketinggalan lagi waktu masa2 revisi karena gw sempet pulang kampung 2 minggu ke Mandailing naik mobil pribadi. Hahaha...nanti deh gw ceritain pengalaman disana...
Intinya Alhamdulillah gw udah menyelesaikan PI, tinggal minta tanda tangan kesana kemari nih biar PI gw afdhol. Hahaha...

Bagi kalian yang mau tau tentang Mandailing, silahkan berangkat dari website Kenali Mandailing buatan gw ini. Disini penjelasannya gw usahain pake bahasa seawam mungkin. Dan penjelasan di kamus juga gw usahain seawam dan selengkap mungkin. Tapi boleh juga sih kalo kalian mau kritik, saran, komen, bisa disini, atau ke email gw jg blh.

Segitu aja ah, jangan banyak2 bocorin isinya, nanti nggak penasaran lagi. Pokoknya hasil kerja keras gw itu gw bikin colorfull dan banyak gambar supaya menarik. Nggak boring deh bacanya. Apalagi ada cerita2 rakyat Mandailing yg bisa jadi bahan cerita buat adek2 kalian yang masih kecil2. Daripada dongeng soal cinderella mulu, kan bosen.
Udah dulu ya penjelasannya, gw juga masih mikir2 nih mau ceritain apa soal pulang kampung gw kemarin. See Yaa...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar