It's me

It's me
It's all about me

Sabtu, 05 Januari 2013

Antara Aku & Gigi Geraham Bungsuku (Tahun Baru, Gigi Baru, Derita Baru)


Udah tahun baru 2013 aja nih. Maaf ya baru bisa nulis lagi sekarang.
Desember kemarin bener2 sibuk deh (hallah, sok sibuk). Tapi bener, banyak bgt hari2 penting yg mepet2.
Pertama ultah gw (27 Desember, hehehe), terus nikahan abang sepupu gw (29 Desember 2012).
Dan berhubung nikahannya terbilang mewah (di Hotel Kartika Chandra cing! *norak mode on*), jadi gw juga sibuk persiapin gaun spesial yg gw rancang sendiri. Walaupun begitu diterima dr tukang jahitnya, gaunnya kurang memenuhi harapan gw, tp setidaknya masih bisa dipake lah buat hari H (salah gw jg sih, ngejahitinnya mepet2 hari H).

Setelah kondangan abang sepupu gw usai, tinggal satu misi lagi di tahun ini yg menunggu, yaitu tahun baruan bersama gank RNC (*sohib2 lengket gw sejak seiprit*).
Agendanya sih standar, cuma tahun baruan di apartemen Nanda (apartemen buat main2nya, bukan tempat tinggalnya kok.), tapi berhubung apartemen itu berada di kawasan Kelapa Gading dan tepat di sebelah MOI (tau doong apartemen apa?!?!), jadi pasti banyak yg seru buat tahun baruan. Dan pasti seru kalo tiga gadis2 berotak sengkle yg tergabung dalam RNC udah pada ngumpul.

Kita udah rencanakan buat berangkat tanggal 31 Desember siang. Masalahnya, setelah kondangan, sekitar tanggal 30 Desember lah...gigi gw sebelah kiri nyut2an, ngeganggu banget. Makin lama makin sakit, sampe ke leher kiri, kuping kiri, dan belakang kepala sakitnya, gimana gw gak terganggu. Karena itu, meski gw udah persiapan buat packing ke apartemen Nanda, dengan berat hati terpaksa gw batalkan rencana itu. Soalnya gw nggak mau jadi beban di sana cing, mana kali ini keluarga Nanda ikut tahun baruan bareng.
Pasalnya gw pernah kasus nih waktu tahun baruan sebelumnya, gw lagi nggak fit tapi maksain berangkat tahun baruan ke apartemen Nanda. Alhasil gw tepar disana, bukannya senang2 menikmati tahun baruan, gw malah diare dan jadi ngerepotin pembokatnya Nanda buat ngurut & ngurus gw (Untung waktu itu Nanda bawa satu pembantu, biasanya sih kita RNC bertiga doang.).

Balik lagi ke masalah sakit gigi, karena alasan yg gw sebutkan diatas itulah gw bulatkan tekad buat nyembuhin sakit gigi gw dulu. Karena gw juga sempat meriang, pertanda bahwa tubuh gw bilang ada yg gak beres nih. Akhirnya sore tanggal 31 Desember, saat orang2 bersiap berangkat untuk merayakan tahun baruan (ada yg beli terompet, ada yg boncengan ama pacar, isshh ngiri juga sih liatnya.), gw malah nyari dokter gigi yg masih praktek.

Di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat langganan gw udh dicek ama nyokap, dokter gigi cuma ada sampai jam 1 siang. Nggak bakal kekejar berhubung gw bangunnya siang *nyengir kuda*. Akhirnya gw kepikiran solusi buat cari klinik gigi, seinget gw di bekasi ini banyak tersebar klinik2 gigi. Untung juga ada satu di dekat rumah gw, klinik Gigiku, gambarnya gigi lucu deh, dan alhamdulillah buka. Setelah dicek, alhamdulillah lagi disana ada dokter gigi sorenya, gw cuma perlu nunggu satu jam. Selama nunggu gw ama nyokap putuskan buat makan dulu, takut2 nanti gw langsung diambil tindakan soal gigi gw, entah ditambel atau apa, tapi yg pasti takut susah makan lagi setelah itu.

Masuklah gw ke klinik itu ketika dokternya udh datang. Ternyata dokternya hijaber muda. Setelah diperiksa,  dikabarkan kalo gw tumbuh gigi geraham bungsu. Emang sih ujungnya udah kerasa sama lidah gw, tapi emang sakit bgt kalo kena lidah gw. Nah kata dokter itu gigi harus dicabut pakai operasi kecil, itupun harus di dokter bedah mulut (nanti katanya dia kasih rujukan) dan setelah ditanya biaya pencabutannya kira2 2 juta. Buseet, kaget lah gw ama nyokap, nggak pernah gw denger masalah gigi doang bisa ngabisin duit berjeti2, (kecuali behel mungkin) apalagi cuma cabut. Gw pikir ah ngaco nih, atau ini dibesar2kan kali biayanya (gw jg sempet kepikiran "ini dokter mau cepet2 berangkat haji kali ya?!?").
Eh iya, ditindaknya bukan hari itu, karena dia bilang gw perlu rontgen panoramic dulu buat lihat posisi gigi gw (Padahal ngapain rontgen bu dokter, tuh udah nongol ujungnya, keliatan kan?!?). Sementara dia kasih obat antibiotik & painkiller dulu buat ngilangin rasa sakit gw, karena katanya nggak boleh ditindak kalau giginya lagi sakit.
Tapi seinget gw dulu emang sih gigi geraham bungsu ini udah diramalkan keberadaannya sama dokter gigi langganan gw, udah sempet dirontgen malah. Tapi waktu itu dikasih obat jadi nggak sakit lagi...sampe guenya lupa buat tindak lanjutin, hehehe...
Rontgen yang dulu?!? Lupakan sajalah...udah tau kemana. Lagipula kata bu dokter, rontgen cuma berlaku 6 bulan, setelahnya ya kadaluarsa.
Akhirnya gw dirujuk rontgen panoramic di Parahita, katanya sih depan RS Mitra Keluarga.
Gw aja nggak tau2 kalo disana ada lab kayak gitu. Canggih juga sih, walau sepi tapi keliatan apik & eksklusif. Waktu gw dirontgen pun alatnya keren, bisa bahasa inggris & kelilingin kepala gw (*Sikhod udah deeh, noraknya jgn kambuh!* ).
Singkat cerita gw nerima hasil rontgen tepat hari itu juga, katanya disuruh tunggu 15 menit jadi (kayak cuci cetak foto ya?!?), tapi nyatanya nggak sampe 15 menit tuh. Gw seneng banget, karena hasil rontgen kali ini gede, nggak kayak dulu di Mitra cuma segede kartu, kecil2, pelit (*Sikhod please deh, nggak penting gitu...*). Okay, gw emang nggak bermaksud majang dan ngebingkai hasil rontgen panoramic gw atau apa, tapi ya keliatan keren aja gitu kalo gede, kayak punya pasien2 yg punya keluhan serius (*Apakah ini bisa dibanggakan?!? Oke, gw emang aneh.*).
Tersangkanya yg diberi tanda buletan di pojok.

Nggak perlu makan waktu lama buat gw bisa memahami gambar rontgen gw, karena gw punya ompong di sebelah kanan bawah. (Karena itu tinggal cari sisi kirinya). Eh iya ternyata bener, gigi geraham bungsu (yg super duper maksa ini) ngotot pingin keluar sampai menekan tetangga sebelahnya, sampe gigi gw yg lain ikut miring2 gitu (Pantesan belakangan ini gw ngerasa gigi gw rapat bgt dan jadi aneh susunannya. I hope it can be repaired soon without "behel".).
Setelah itu ada masalah baru, biayanya yg dibilang "2 juta" itu terngiang di pikiran gw (ceilah...). Ortu gw lg mandek soal duit, jadi nggak enak jg sih ngebebanin lg...tp gw juga belum kerja...
Akhirnya gw searching di google karena takut ketipu. Ternyata emang biaya "operasi kecil" pengangkatan geraham bungsu itu terhitung mahal2. Umumnya orang lain keluar sekitar 4 juta (menurut penuturan di blog dan kesaksian salah satu kenalan gw.), bahkan ada yg ampe diopname 2 hari. Gw pikir, apa iya separah ini!?!? Berarti gw beruntung dong pertama datang ke klinik udh dapet angka 2 juta, yah mungkin kesulitan cabut gigi gw ini nggak susah2 banget kali ya.

Nyokap gw sempat ragu sih sama klinik itu (hasil doktrinasi berita di TV2 dan tetangga bahwa banyak malpraktek terjadi di klinik. Padahal malpraktek di RS juga banyak kan?!), maunya di RS Mitra Keluarga langganannya aja yg udh terpercaya & bonafit. Tapi gw perkirakan di RS Mitra Keluarga jatuhnya pasti lebih mahal, salah2 ntar gw disuruh opname juga, belum lagi harus ngulang fase mulai ke dokter gigi umum dulu, jelasin dulu, dirujuk dulu. Haduuh, kerja dua kali...

Makanya gw bulatkan niat kalau gw ambil tawaran klinik kecil itu aja, toh klinik ini kelihatannya terjamin. Gw pingin cepat2 ditindak biar gw bisa cepat masuk kuliah lagi (Selama gw sakit gigi gw nggak masuk kuliah, hehehe...), lagian jadi nggak enak makan (apalagi geraham bawah kanan gw udh ompong...gw berasa kyk macan ompong dah...), sumpah ini diet yg manjur banget....
Dan lagi kebetulan bgt ada dokter bedah mulut yg udh janjian ama pasien lain di klinik itu pas hari Sabtu (Hari ini, satu minggu setelah periksa pertama sprti yg dibilang bu dokter gigi umum sblmnya.), yasudah pas banget, gw ambil aja kesempatan itu sekalian buat operasi kecil gw. Gw senang bs dapet jadwal operasi waktu weekend supaya Minggunya gw bisa total istrirahat di rumah, terus Seninnya bs masuk kuliah dgn riang gembira (Itupun kalo gw gak kebawa males, hehehe...), rencana itu dari awal udh ada di otak gw, gw mau irit waktu.

Dokter bedah mulut (namanya Reza apaa...gitu) adanya pagi jam 10, ini sedikit sulit buat gw mengingat gw mulai terbiasa bangun siang (dan tidur larut malam, hehehe). Untungnya nyokap udah nongol di kamar gw dan ngebangunin gw jam setengah 9an. Sedikit telat dgn jadwal janjian ama dokter karena gw biasanya perlu waktu 2 jam buat mandi dan bersiap (dokternya pasiennya sedikit karena perlu janjian dulu.). Karena itu gw ngorbanin waktu sarapan gw, walaupun gw tau resikonya, bakal susah makan setelah dicabut giginya. Pas gw udh siap, justru nyokap blm siap2, alhasil gw disuruh berangkat duluan, untung dekat bgt dr rumah.

Begitu sampe ternyata dokter masih nanganin satu pasiennya yg juga janjian sama dia. Gw juga berharap blm disuruh masuk sih sebelum nyokap gw dateng. Apa jadinya gw kalo operasi sendiri tanpa ditemanin siapa2, nggak ada yg nguatin...(hallah, manja deh!).
Untungnya setelah si perawat pembantu minta hasil rontgen gw duluan, nyokap gw terlihat di luar mendekati klinik. Haah lega...
Akhirnya gw dipanggil...sialnya gw didampingi orang yg salah. Gw lupa kalo nyokap gw orangnya "jauh lebih parnoan dari gw". Alhasil gw yg harus kelihatan tenang buat tenangin nyokap (*padahal di dalem mah jiper bgt cing! Hahaha...*). Sejak dulu, kalo gw ditindak apa2 sama dokter (gw sering banget ditindak, entah itu di mata, operasi kecil gitu, di gigi lah, di mana lah...), pasti nyokap yg jadi lbh parno drpd gw sendiri yg ngalamin. Dan gw sebagai anak yg baik, harus tahu memposisikan diri gw di tempat yg tepat, gw gak mau bikin khawatir nyokap (*Padahal gw juga khawatirr setengah modar...Pengin rasanya teriak histeris "Itu alat apaaah?!?!? Aku mau diapakaan?!?! Arrgghh, tidaaak!!"*).
Kayak tadi, begitu alat pertama dikeluarkan (suntikan bius), nyokap malah ngabur ke luar ruangan. Haah umak, tega nian meninggalkan anakmu sendiri di ruang operasi karena ketakukan sendiri. Hahaha...
Untung gw berani2in, gw anggap diri gw keren kalo ngelakuin itu, gw anggap operasi ini tantangan kereen, kayak mendaki gunung Mahameru, atau bungee jumping di Grand Canyon.
Akhirnya nyokap balik masuk lagi ke ruangan. Gw sendiri sebenarnya nggak mau liat alat2 apa aja yg dimasukin ke mulut gw, cuma karena tepat di depan mata gw, ya gw merem aja. Mana si dokter narasi-in tanpa diminta lagi.
Dokter (D) : "Tenang ya, ini suntikan alatnya doang kok yg besar, jarumnya mah kecil..."
Bahasa Kalbuku (BK) : "Ebujug, gimana gak takut dok. Itu suntikan apa penyemprot hama wereng? Gede benerr!"
D : "Ini bakal kerasa sedikit sakit, soalnya agak dalam, tahan ya jangan bergerak."
BK : "Please deh dok, nggak usah dikasih tahu gitu, makin jiper duluan tao gak!!!"
Tapi emang sakit sih, pas disuntik di dalem gusinya itu loh...
D : "Udah mulai berasa? Lidah udah berasa blm?"
BK : "Yah mulut gw dower dah, mulai kebas, tapi lidah kok belom ya?!?"
Kata Gw : "Lidah belom dok.".
Akhirnya sebelah kiri mulut gw kebas, dan gw pasrah mau diapain juga. Gw merem.
Berasa ada yg otak atik gigi gw, untung gak sakit. Trus berasa ada yg ngebor gigi gw, untung juga nggak berasa sakit. Terus ada yg ngegoyang gigi gw, alhamdulillah masih nggak sakit. Terus gigi gw dikeluarin, gak sakit juga deng, giginya sempat gw liat sekilas, banyak darahnya gitu. Dan kayaknya masih ada bagian gigi yg nyangkut makanya bang dokter (masih muda cing!) masih mengorek2 gigi gw.
D: (Ngobrol sama asistennya) "Ini alatnya udah nggak tajem nih, perlu diasah lagi."
Asisten Dokter (AD) : "Iya sih dok, dokter Y jg bilang begitu."
BK : "Apakah kalian harus mengobrolkan hal itu disini saat ini juga?!? Prepare dong! Jangan bikin tambah jiper!! Buruan sebelom efek biusnya abiss!!!"
Sumpah gw khawatir bgt efek biusnya bakalan cepat habis.
D : "Yak, sekarang dijahit ya."
BK : "Dok, please. Saya nggak butuh narasi anda."
Terdengar bunyi sreet...berasa ada yg ngejahit gusi gw. Sumpah gw jiper bgt waktu berasa ada benang yg ditarik di gusi gw, gusi gw udh kayak kain aja dibikinnya. Dan parahnya saat2 penjahitan ini yg paling lama. Ini dokter ngejahit pake segala diobras kali ya?!? Bordir aja dok sekalian!
Setelah dia mengikat2 dan menyimpul2 benang yg menari2 di gusi gw...akhirnya...
D : "Nah selesai".
AD : "Kumur dulu."
Gw bersiap kumur2, tapi baru terasa betapa kebasnya bibir gw, gak bs dikontrol ama gw sendiri, dan itu mengerikan...takutnya iler gw jatuh tanpa kontrol. Apalagi pas kumur susah bgt.
Nyokap sempat nanya2 sama dokter setelah operasi gw usai. Soal boleh makan apa blm, soal obat apa yg harus diminum dn gmn minumnya, pokoknya nyokap mendadak jadi jubir gw (yg emang udh susah ngomong ini). Setelah gw foto, gw baru tahu gw beneran menyon kyk org stroke setelah operasi itu.
Karena gw blm makan dan di sebelah kliniknya ada restoran pizza hut, nyokap ngajak gw makan dulu disana. Dan itu jg karena gw ingat menu yg aman buat gusi gw (yg blm boleh ngunyah) ini, yaitu CREAM SOUP, kebetulan gw juga doyan sih.
Nyokap gw berkali2 parno ngeliatin gw makan, nanya "Bisa nggak?" atau "Udah boleh belum tuh ya makan?" atau "Nggak apa-apa? Nggak bahaya nih?"
Gw sih coba nikmatin makan gw aja setelah kemerdekaan dari geraham bungsu itu. Tapi masalahnya satu, gw susah ngunyah rotinya, lagian takut ketuker antara roti sama kapas yang ada di mulut gw buat ganjel. Kan teksturnya mirip tuh, lagipula mulut sebelah kiri gw masih kebas bgt. Salah2 ntar yang ketelen malah kapasnya lagi...

Untungnya misi makan cream soup berhasil ditunaikan tuntas, cream soup gw lahap abis walaupun rotinya nggak abis. Nyokap juga bungkusin satu cream soup buat dirumah, mungkin sekalian daripada bingung makanan apa yg bisa gw makan tanpa ngunyah nanti.

Dan gw pikir masa2 setelah operasi bakalan sakit bgt, ternyata nggak tuh. Gw santai2 aja disini nulis blog, nggak berasa ngilu atau apa (efek painkiller kali ya), gw malah nekat lepas kapas ganjelannya, abis ganggu banget. Gw pikir toh yg namanya darah pasti kering sendiri meski nggak ditambel kapas.
Tapi gw masih milih2 soal makanan, gw usahain makanan yg bisa diemut kyk bubur atau makanan lunak lainnya.

Jadi, yang mau operasi geraham bungsu seharga 2 juta dan lokasinya ada di Bekasi, bisa dipertimbangkan klinik Gigiku di ruko kalimalang sebelah Pizza Hut Dunkin Donut. Tapi perubahan harga bukan tanggung jawab gw ya, mungkin lihat tingkat kesulitannya jg kali.
Cape nih nulis mulu. Sekian aja ya. Babaay!








3 komentar:

  1. Nama klinik nya apa sis?? Gw jg udh divonis dokter gigi bwt operasi kecil dksh estimasi harga 2jt-an,,,tp sy blm sempet rontgen gigi,,nanya nh mslh ny ane newbie n jiper jg klo mslh gigi,,

    1.untuk rontgen gigi tempatnya dimna??& biaya nya brp?
    2.untuk proses operasi kecil tmptnya dmna??&biaya nya brp??

    Thank's yua

    BalasHapus
  2. salam kenal mbak.. kalo diliat dari ronsennya.. kayaknya mbak punya 1 akar gigi tersisa di kiri atas ya? sama 2 geraham bawah kanan sudah dicabut?

    BalasHapus