It's me

It's me
It's all about me

Senin, 08 November 2010

Tugas 2 TOU

1.      Jelaskan ruang lingkup ORMET!
2.  Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?

3.      3. Apa sebab timbulnya organisasi informal?
4.      4. Apa yang dimaksud dengan ‘Jendela Johari’?


Jawab :


1.      1. Kegiatan yang termasuk ruang lingkup O & M adalah :
a.      Analisis organisasi
b.      Komunikasi dalam organisasi
c.       Tata kerja, prosedur, dan sistem kerja
d.      Pentingnya filling
e.      Penyimpan data dan dokumen
f.        Formulir
g.      Pendayagunaan mesin kantor & peralatan
h.      Penyusunan tata ruang & perencanaanya
i.        Penulisan laporan
j.        Penyusunan buku pedoman
k.       Penyusunan anggaran belanja
l.        Analisis kepegawaian


2.      2. Uang adalah alat tukar resmi yang multiguna dan  dapat membeli hampir semua hal di masa sekarang ini. Dengan uang manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan mencapai kesejahteraan hidup. Karena itu pula dalam hidup uang sangat dibutuhkan dan dicari dan tidak jarang menjadi tujuan hidup orang-orang sebagai parameter kesuksesan hidupnya. Karena tujuan itu pulalah umumnya orang-orang berbondong-bondong mencari kerja demi meningkatkan perekonomiannya. Dan hampir semua orang memilih pekerjaan dari segi pendapatan yang ditawarkan. Karena itu uang menjadi semacam essensi dalam bekerja dan berkarya di masa ini.  


3.      3. Pada dasarnya individu memiliki kebutuhan untuk mendapat kepuasan dalam berafiliasi dengan lingkungan sekitarnya, jika organisasi formal tidak dapat memenuhi kebutuhannya maka ia akan mencoba mencarinya melalui organisasi informal bersama dengan orang-orang yang memiliki kebutuhan serupa.

4.      4. Jendela Johari (Johari Window) adalah jendela yang mencerminkan 4 kepribadian dalam diri manusia.Konsep ini dibuat pada tahun 1955 oleh Joseph Luft dan Harrington Ingham, dua psikolog asal Amerika Serikat. Konsep ini menyatakan bahwa ada 4 jendela yang dapat menggambarkan pengenalan diri kita.

a.      Open Area : Jendela ini menggambarkan hal-hal yang diketahui/ terlihat oleh diri kita dan orang lain. Dapat berbentuk persepsi, perilaku, emosi, dan keahlian, misal keahlian memimpin atau leadership. Jendela ini merupakan sisi dimana hubungan antara diri sendiri dan individu lain berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Kedua pihak baik diri sendiri maupun individu lain saling mengenal dengan baik dan memiliki banyak informasi tentang diri masing-masing.

b.      Blind Area : Jendela ini menggambarkan sisi yang tidak disadari oleh diri sendiri namun dapat disadari oleh orang lain. Kebutaan itu dapat disebabkan kurangnya wawasan kita mengenai diri sendiri. Jendela ini merupakan bagian dimana hubungan dapat berjalan dengan baik, namun dapat seketika hancur karena kurangnya komunikasi. Misalnya kebiasaan banyak omong yang dapat membuat orang-orang di sekitar menghindar, namun belum disadari oleh orang itu sendiri.

c.       Hidden Area : Daerah ini merupakan kebalikan dari Blind Area, yaitu berisi hal-hal pribadi yang disimpan hanya untuk diri sendiri tanpa ingin diketahui oleh pihak lain. Jendela ini lebih dominan dimiliki oleh orang-orang yang bersifat pendiam. Buruknya sisi kemisteriusan ini dapat menyebabkan orang tersebut tertekan dengan pikirannya sendiri dan tidak peka pada lingkungan sekitarnya.

d.      Unknown Area : Jendela misteri yang baik diri sendiri maupun orang lain tidak memiliki pengetahuan akan hal itu. Ketidaktahuan ini disebabkan oleh belum terasahnya atau belum tersalurkannya bakat terpendam itu oleh si pemilik bakat. Namun dapat terungkap dengan mencoba pengalaman baru, karena mungkin saja dalam bidang yang belum kita coba itulah letak keunggulan diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar