It's me

It's me
It's all about me

Minggu, 02 Januari 2011

Organisasi Informal


ORGANISASI INFORMAL
Organisasi informal terdiri dari hubungan yang tidak resmi dan dapat dikatakan sebagai organisasi bayangan dari organisasi formal. Organisasi informal tidak akan muncul selama organisasi formal tidak terbentuk.
Berbeda dengan organisasi formal, struktur organisasi informal tidak terbentuk secara jelas dan tujuan yang dibentuk berjalan secara incidental (tidak berkelanjutan). Bahkan banyak organisasi informal yang tidak memiliki tujuan yang jelas.

PENYEBAB MUNCULNYA ORGANISASI INFORMAL
Ada banyak faktor yang menyebabkan organisasi informal bisa muncul dan berkembang. Beberapa yang dapat menjadi penyebab adalah :
·         Pada dasarnya individu memiliki kebutuhan untuk mendapat kepuasan dalam berafiliasi dengan orang-orang di lingkungannya.
·         Jika dalam organisasi formal kebutuhan tersebut kurang dapat dipenuhi, maka ia akan mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhannya. Itulah fungsi organisasi informal.
·         Biasanya muncul karena adanya sekelompok orang yang memiliki kebutuhan yang sama.
Kebutuhan-kebutuhan yang mendasari terbentuknya organisasi informal :
1.      Kebutuhan social
Individu membutuhkan lebih dari sekedar komunikasi yang bersifat formal berdasarkan struktur dalam organisasi formal. Manusia butuh lebih dari itu untuk memenuhi kebutuhan sosialnya.
2.      Pengetahuan tentang perilaku yang dapat diterima
Melalui organisasi informal, individu akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tentang berbagai perilaku yang dapat diterima di lingkungan organisasi. Hal tersebut tentu saja tidak mungkin disampaikan dalam organisasi informal.
3.      Perhatian / Simpati
Membangun perhatian atau simpati dapat pula dilakukan melalui organisasi informal, karena disini individu melakukan proses sosialisasi tanpa adanya batas atau tanpa melihat posisi dalam organisasi formalnya.

4.      Bantuan dalam pencapaian tujuan
Organisasi informal juga membantu organisasi formal dalam mencapai tujuannya, melalui bentuk komunikasi yang mempermudah anggota organisasi untuk lebih paham tanpa melalui saluran-saluran yang resmi.
5.      Kesempatan berpengaruh dan berkreasi
Melalui organisasi informal, individu diberi kebebasan untuk berkreasi dan memperngaruhi orang lain. Sesuatu yang mungkin tidak pernah terjadi (karena posisi yang dimilikinya) dalam organisasi formalnya.
6.      Pelestarian nilai-nilai budaya
Secara sadar atau tidak, organisasi informal turut melestarikan dan mensuburkan nila-nilai budaya yang dimiliki organisasi. Walaupun secara formal budaya ini juga disampaikan dan dikembangkan pada seluruh anggota organisasi.
7.      Komunikasi dan informasi
Kebutuhan terakhir yang mendasari terbentukanya organisasi informal adalah kebutuhan akan komunikasi dan informasi. Terutama komunikasi dan informasi yang tidak bisa disampaikan atau tertutup pada organisasi formal.

SIFAT ORGANISASI INFORMAL
Beberapa alasan kemunculan organisasi informal tersebut menyebabkan sifat organisasi informal seperti berikut :
        1.            Hubungan didalamnya lebih bersifat spontan dan tidak terorganisir.
        2.            Kepemimpinan organisasi seperti diantara dua pilihan, apakah organisasi tergolong formal atau tidak.
        3.            Tidak bertitik-tolak pada pengendalian manajemen seperti dalam organisasi formal.

PERBEDAAN ORGANISASI FORMAL DAN ORGANISASI INFORMAL

Formal
Informal
Hubungan antar pribadi
Hubungan antar orang ditentukan
Tergantung kebutuhan anggota
Kepemimpinan
Ditetapkan dan ditunjuk
Muncul dan dipilih
Pengendalian perilaku
Mengendalikan perilaku karyawan melalui balas jasa dan hubungan
Mengendalikan dengan pemenuhan kebutuhan
Ketergantungan
Lebih tergantung
Tidak tergantung

Dari gambaran diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi informal lenih tergantung pada kebutuhan anggota. Karena anggota dan keterikatan diantara mereka saar mereka memiliki keinginan dan harapan yang sama merupakan hal yang paling penting. Hanya itu yang menyebabkan mereka bisa berkumpul dan terikat. Tanpa ada kepentingan dan keinginan yang sama maka hal ini tidak akan terjadi. Sedangkan dalam organisasi formal hubungan antar individu ditentukan oleh aturan dan struktur yang diikuti dan dijalankan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar