It's me

It's me
It's all about me

Jumat, 02 Maret 2012

Tugas 2 Bahasa Indonesia

                  I.        Metode Penalaran
Dari prosesnya ada dua metode penalaran, yaitu Deduktif dan Induktif.
1.    Penalaran Induktif
Metode induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke hal-hal yang umum. Prosesnya disebut induksi.  Hukum yang disimpulkan di fenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti.
Penalaran Induktif ada 3 macam yaitu :
·         Generalisasi sempurna :  Generalisasi dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki. Generalisasi ini memberikan kesimpulan yang amat kuat meski pasti ada yang terlewat belum diselidiki.
·         Generalisasi tidak sempurna : Generalisasi berdasarkan sebagian fenomena untuk mendapat kesimpulan yang berlaku pada fenomena sejenis yang belum diselidiki.
·         Analogi : Membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Kesimpulan yang diambil dengan jalan analogi diambil dari beberapa pendapat khusus, dengan cara membandingkan situasi yang satu dengan yang sebelumnya.

2.    Penalaran Deduktif
Metode Deduktif adalah metode berpikir dengan menarik kesimpulan yang berlaku khusus berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat umum. Proses penalaran ini disebut Deduksi. Kesimpulan deduktif dimulai dari hal-hal umum, menuju ke hal-hal yang khusus. Proses pembentukan kesimpulan deduktif tersebut dapat dimulai dari suatu dalil atau hukum yang merujuk ke hal-hal yang konkrit.
Penalaran Deduktif ada 2 macam yaitu :
·         Silogisme : Silogisme disusun dari dua proposisi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan). Dengan kata lain silogisme merupakan rangkaian 3 buah pendapat, yang terdiri dari 2 pendapat dan 1 kesimpulan.
·         Entimen : Entimen adalah penalaran deduksi secara langsung. Premis silogismenya dihilangkan karena sudah diketahui..


Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar