It's me

It's me
It's all about me

Senin, 19 Maret 2012

Pesona Kuliner Nusantara (Tulisan Bhs Indonesia 2)



Sudah rahasia umum bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Hal itu juga yang menarik para penjajah untuk mendaratkan kakinya di tanah Nusantara. Dan kekayaan rempah-rempah itu membawa keuntungan tersendiri untuk citarasa hidangan Indonesia.
Setelah rendang dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia dan sambal terasi indonesia menjadi makanan terpedas di dunia mengalahkan rekor cabe Thailand, makanan Indonesia menjadi semakin dikenal dan dicari para penikmat kuliner Dunia. Mereka kaget, bangsa yang tidak diperhitungkan sebagai kiblat kuliner dunia dapat menghasilkan citarasa yang menakjubkan. Padahal kita, masyarakat indonesia sudah tidak heran. Karena kita tahu, sebenarnya bangsa ini adalah bangsa yang kreatif. Itu baru dari satu daerah, belum berbagai makanan dari seluruh nusantara.
Di setiap tempat di berbagai Nusantara memiliki ciri khas rasa yang berbeda satu dengan lainnya. Dimulai dari daerah Sumatra, makanan yang dihasilkan didominansi rasa pedas dan gurih dengan rempah-rempah yang lekat, senada dengan watak masyarakatnya yang keras dan tinggal di pegunungan. Makanan tradisional yang terkenal dari Sumatra antara lain rendang, berbagai gulai, daun singkong tumbuk, sambal telur balado. Belum lagi berbagai camilan menantang selera seperti keripik balado, kerupuk kulit, dan berbagai keripik pedas lain.
Di Jawa Barat lain lagi. Jawa Barat khas dengan citarasa asin dan gurihnya. Gepuk, berbagai pepesan, ikan bakar, ayam bakar, lalapan sunda dengan sambal terasinya biasa kita temukan di berbagai restoran sunda. Belum lagi berbagai inovasi makanan dan camilan yang seringkali hadir di kota Kembang Bandung, seperti keripik Maicih yang santer belakangan ini. Tidak heran kota Bandung sekarang ini dikenal sebagai pusat penghasil jajanan baru.
Lain padang lain belalang, jika di Jawa Barat dominan dengan rasa asin, beda lagi tetangganya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dominansi rasa manis dari makanan tradisionalnya akan memanjakan lidah kita. Jawa Tengah seringkali  menjagokan ayam bakar kalasan, bandeng presto, soto kudus, kupat tahu belum lagi camilan seperti lumpia semarang, getuk juga es dawet. Sedangkan dari jawa timur menghasilkan hidangan bakso malang, toge goreng, rawon, tahu petis, soto ambengan, juga yang menjadi primadona soto dan sate madura yang banyak dijual di pinggiran jalan.
Sekarang kita tilik daerah istimewa di indonesia, yaitu Aceh, Yogyakarta dan Jakarta. Dari aceh paling populer adalah mie aceh. Dari Betawi dicirikan dengan kerak telor dan soto betawi dengan kue cucur dan pancong sebagai camilan. Sedangkan dari Jogja tentu saja gudeg Jogja dan nasi kucingnya.
Belum lagi dari pulau-pulau lain seperti Bali, Kalimantan, Sulawesi,Papua dan sebagainya. Begitu banyak kuliner nusantara yang belum kita cicipi, sayangnya masyarakat sekarang lebih menikmati makanan2 asing dari mancanegara. Padahal para turis asing pun semakin banyak yang mencari tahu dan menggemari makanan indonesia. Karena itu, mulailah bangga dengan makanan negeri sendiri.

1 komentar:

  1. Tulisankan sumber kutipan (apabila ada) atau sumber tulisan pada setiap postingan tulisan atau tugas Anda!

    BalasHapus